Ada kejadian busi Suzuki
Satria F-150 terus-menerus menunjukan kondisi basah. Kondisi busi mirip
banget dengan setingan basah. Dikira kebanyakan bensin akibat kegedean
spuyer, padahal ada pelumas nyusup ke busi.
Masalah ini
menyangkut kondisi sil silinder head. Karena usia, ada bagian sil yang
sobek. Jadinya, oli rembes ke busi,” bilang Hasan Basri, mekanik dan
pemilik bengkel Hasan Motor di Jakarta Barat
Memang, kondisi pelumas
merembes ke busi punya gejala mirip spuyer yang diseting kebasaran. Pas
di putaran bawah atau atas ada gejala mbrebet. Angka spuyer diturunkan
pun gejalanya enggak bakal hilang
Gejala paling gampang pelicin
rembes ke busi bisa dicek dari kepala busi. Seandainya terus komponen
pemantik api F-150 basah, silakan lihat sisi luar cup busi. "Nanti
kelihatan ada sedikit oli di sisi luar cangklong atau kepala busi. Kalau
memang ada, enggak salah lagi pasti oli rembes," ujar Hasan yang
bermarkas di Kepala Dua Raya, Jakarta Barat
Lanjut silakan buka
silinder head. Sil kepala silinder harus dilihat perlahan. Kalau perlu
sil diraba perlahan dengan menekan setiap bagiannya. "Sobek sedikit aja,
oli yang mestinya menyemprot ke noken-as malah bisa menyusup ke busi.
Problem ini juga bisa kejadian pada Suzuki Raider 125, FXR150 dan Honda
CBR150. Karena desain silinder head-nya mirip dengan Satria F yang pakai
sil," sebut Hasan.
Fungsi sil menutup jalur pelumas supaya enggak
beleber. Pastinya semprotan pelumas ke semua komponen di kepala silinder
keras. Dorongan keras pelumas bakal bikin oli terus merembes kalau
bagian sil memang sudah ada yang sobek."Sil sobek tadi bukan karena
cacat produksi. Melainkan akibat faktor usia yang sebagusnya setiap
10.000 km kudu dicek. Kalau enggak dicek kelamaan bakal getas. Dan
dipastikan, ujung-ujungnya bakal sobek tuh sil," kata bapak satu anak
itu.
Andai memang sudah waktunya diganti, silakan beli sil kepala
silinder Satria FU. Diingatkan untuk tidak beli sil yang produk
aftermarket. Why alias kenapa? Karena bisa berisiko pada usia pakainya
yang singkat. Paling aman ya beli produk yang genuine dengan banderol
enggak lebih dari Rp 150 ribu
"Kejadian begini enggak cuma menimpa
motor yang sudah kena sentuhan bore up. Saya sudah menemukan lima unit
Satria F-150 standar dengan masalah yang sama. Rata-rata konsumen
memangg cuek sama kondisi sil," bingung Hasan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar