TIPS
CARA MENGHINDARI OVER HEAT MESIN SATRIA FU Agar Mesin Satria F150 Tidak Cepat
Panas
Satria F150 yang lebih akbar disebut
satria FU memiliki karakter mesin yang selalu ingin "lari".
Spesifikasi 150cc, DOHC, dengan 6 Speed dan Kompresi diatas 1:10 memang diatas
rata-rata untuk kelas bebek. Makanya tak salah jika Satria 4-tak ini mendapat
julukan bebek hyperunderbone.
Karakter mesin balap yang disematkan
dibody sang Satria rasanya "terlalu pas" jika hanya
mengandalkan pendinginan oli dan udara.Oleh karana itu para brow penyemplak Fu
harus waspada jangan sampai enginenya kepanasan alias Overheat. Terlebih lagi
jika mesin sudah tidak standar lagi.
Untuk menghindari mesin terlalu
kepanasan, banyak cara yang bisa dilakukan. Antara lain :
- Ganti oli dengan oli yang tepat, Banyak sumber mangatakan bahwa dengan oli berviskositas 10w40 relatif lebih cepat melepas panas jika dibanding dengan Oli dengan SAE standar FU 20w50 (OLI SGO). Tapi memang mesin lebih berisik.
- Rutin mengganti Filter Oli. Karena filter oli yang kotor bisa menyebabkan mesin lebih gampang panas juga.
- Gunakan Busi bertipe dingin dan sesuai dengan karakter mesin, Banyak sekali merek Busi dipasaran yang bertipe dingin. Atau biasa disebut juga busi racing. Harga bervariasi, biasa dibandrol diatas Rp.50ribu.
- Buka leg-shield (pelindung kaki). Dengan membuka leg-shield, disinyalir akan melancarkan aliran udara di mesin. Sehingga mesin lebih gampang melepas panas. pendinginan SACS (Suzuki Advanced Cooling System) juga bekerja lebih optimal
- Pasang pendingin tambahan, Pendingin tambahan jika opsi diatas tidak bisa mengatasi panasnya mesin Satria.
Pendingin
bisa menggunakan kipas electrik yang biasa dipakai di komputer. atau bisa juga
menggunakan Oil Cooler yang dipasang pada blok mesin.
Demikian tips yang bisa anda
terapkan pada motor Satria Kesayangan Kita...
0 komentar:
Posting Komentar