Karbu jenis KW milik Ninja KKR 150 dan NSR-SP 150 yang sama-sama
memiliki spek 28 mm diameter silinder skepnya memang lagi laris manis.
Sangat membantu kalangan penunggang sport dan bebek, saat mengalami
karbu soak, lantaran harga nya yang relatif terjangkau kisaran Rp. 250
ribu.
Tapi ada beberapa aturan sebelum mengaplikasi karbu jenis ini, agar
berfungsi optimal diatas fungsi karbu orsinya. Apa saja yang perlu
diperhatikan ? ikuti saja penuturan Yoyok pebengkel AJM di kawasan
Rungkut Kidul Industri, Surabaya berikut ini ;
SILINDER SKEP Bagian
ini yang mutlak diperhatikan, sebab silinder skep karbu jenis kw masih
tersisa kotoran bekas cetakan atau berupa nat menggaris vertikal. Kalau
tak cepat dipoles, bisa membuat baret skep. Caranya cukup memoles
silinder skep dan skep dengan cairan pengkilap bodi motor atau pasta
autusol. Jadi di sini sifatnya cuman memoles.
SETELAN GASBiasa
disetel untuk menghendaki tinggi rendah rpm mesin, sesuai dengan
kebutuhan. Mekanis baut setelan gas ini simpel, ujung baut yang menekan
sampai mengangkat skep untuk mempertinggi rpm mesin dan sebaliknya.
Permasalahannya baut setelan gas karbu jenis kw, ujungnya terlalu
tumpul. Sehingga saat dipuntir, kurva perubahan tingginya rpm terlalu
drastis. Sehingga terkesan macam kabel gas nyantol. Untuk membenahinya,
silahkan kikir sekeliling ujung baut setelan gas lebih landai. Agar saat
dipuntir, kurva peningkatan rpm naiknya lebih lembut macam karbu orsi
bawaan motor.
JARUM SKEPJenis karbu kw
sebenarnya diperuntukkan buat motor 2 tak, tapi prakteknya jenis karbu
ini malah disuka di motor 4 tak baik bebek maupun sport. Problemnya,
desain jarum skep karbu jenis ini terlalu kurus, sehingga campuran
terlalu pekat dan berat saat dipakai akselerasi. Selain itu, putaran
mesin tak mau stasioner kalaupun nyala stasioner, mintanya selalu berada
di atas 2000 rpm. Jadi kesannya mirip stasioner ketinggian.
Untuk
menyiasatinya, cukup ganti jarum skep milik GL-Pro. Tak perlu versi
orsinya, cukup pasang jarum skep milik GL-Pro jenis kw. Di pasaran,
biasa dijual dalam bentuk kemasan repair kit karbu GL-Pro, terdiri dari
main jet, pilot jet, jarum skep, klip, sil karbu, setelan gas dan
setelan angin, harganya cuman Rp. 25 ribu. Jadi cukup diambil jarum skep
saja. Dimensinya, untuk tingginya sama dengan jarum skep NSR, tapi
konturnya lebih gemuk sehingga campuran gas segar bisa dikondisikan
lebih ideal.
nyontek di http://www.ototrend.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1411:tips-memaksimalkan-karbu-kualitas-dua&catid=78:tips&Itemid=421
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar