Rabu, 26 September 2012

Agar Rantai Kamprat Fu Awet

Berdasar spesifikasi pabrikannya, rantai kamrat (Chain Camshaft Drive) Suzuki Satria FU150 termasuk spare part yang berumur panjang. Tapi kini mulai muncul keluhan adanya bunyi berisik dari bagian silinder kop mesin Satria FU, padahal odometer baru menunjuk angka 10.000 km. Setelah dibongkar ternyata bunyi tersebut berasal dari rantai kamrat yang sudah kendor sebelum waktunya.
Menurut Miftahul Huda, Chief mekanik PT. Hero Sakti Moto Gemilang Malang, hal itu salah satunya disebabkan karena kurangnya pelumasan terhadap rantai kamrat akibat sirkulasi oli ke rantai kamrat yang terlalu minim. Solusi yang tokcer yang bisa diberikan adalah dengan menambah jalur sirkulasi oli langsung ke rantai kamrat.

Cara yakni dengan menambah lubang pada noken as seukuran lubang sirkulasi oli noken as bawaan pabrik. Menggunakan bantuan bor listrik, lubang sirkulasi ditambahkan dengan cara mengebornya dengan mata bor ukuran 2 mm pada bagian luar noken as sebelah gir kamrat. Lubang tersebut hanya sampai pada bagian tengah batang noken tempat sirkulasi oli seperti jalur oli yang telah ada pada noken as bawaan pabrik.

Dengan tambahan lubang ini maka sirkulasi oli ke rantai kamrat akan bertambah karena lubang tersebut langsung mengarahkan oli ke rantai kamrat sehingga masa pakai part seharga Rp.140 ribuan ini akan lebih tahan lama.

nyontek di http://www.ototrend.com/index.php?option=com_content&view=article&id=430:bikin-awet-rantai-kamrat-fu&catid=78:tips&Itemid=421

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pretelan Tok © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates