TIPS
MERAWAT KARBURATOR VAKUM Carburator Vaccum Agar Tetap Responsif
Karburator Standar Satria FU alias
Suzuki Satria F-150 yang bertipe BS26 berjenis vakum alias CV (Constant
Velocity). Sudah jadi tradisi standar motor keluaran terbaru
kebanyakan kalo karbunya make yang jenis Vakum. Bisa dilihat pada motor lainya
misal Yamaha Mio, Honda Vario, Kawasaki Kaze ZX130, Suzuki Thunder, Yamaha
Bison dll . Teknologinya sudah mengikuti teknologi karburator mobil,
pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar yang irit plus buka-tutup gas
yang halus.
Kinerja karburator vakum bisa
terganggu jika salah dalam perawatan. Lalu bagaimana cara agar karbu vakum
tetep bisa yahuud... Sangat tidak disarankan buka boks filter udara. Memang
awalnya tarikan terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan
skep. Karena Skep di karburator vakum bahannya dari resin dilapis teflon. Lain
dengan skep karbu Konvensional yangberbahan logam berlapis krom. Gara-gara kena
debu, skep jadi macet dan lama kelamaan lapisan teflon tergores, hasilnya motor
susah langsam/nggak stabil.
Karet karburator vakum. Posisinya
ada di atas karbu dan ditutup lempengan besi. Waktu servis nggak perlu dibuka
karena kalau sampai salah rakit sehingga karet terjepit maka dapat
mengakibatkan kebocoran sehingga putaran mesin jadi ngaco. Karet vakum juga
nggak boleh kena bensin. Bisa melar atau paling parah tidak bisa digunakan
lagi. Harganya mahal Brow.
Buat yang biasa korek karburator konvensional dengan memperbesar diameter venturi. Hal ini jangan dilakukan pada karburator vakum, resikonya skep bisa oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup. Karburator vakum bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi selang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup. Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold tidak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum jadi memble...
Jadi, hati-hati brow.., Jangan sampai salah perawatan, niatnya mau merewat jadinya malah rusak.....
0 komentar:
Posting Komentar